Interior

Kenali 4 Tips Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah

Editor : Joko Yuwono

Desain kamar mandi sederhana dan murah adalah teknik dekorasi interior yang gampang-gampang susah. Menjadi salah satu tugas desain yang sulit untuk dipraktikan.

29 September 2020 99 Pembaca

Kenali 4 Tips Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah
Foto : www.baranasanitary.com

Tak bisa dipungkiri bahwa kamar mandi adalah satu ruangan yang memiliki ukuran paling kecil jika dibanding ruangan-ruangan lainnya. Baik itu di bangunan-bangunan residensial mau pun komersial. Kamar mandi hampir bisa dipastikan selalu memiliki ukuran yang sangat kecil, sempit, atau bahkan mungil. Padahal ruangan kecil ini memiliki fungsi yang sangat besar.

Sebenarnya ada juga kamar mandi yang mendapatkan porsi ruang yang cukup besar, kamar mandi dengan ukuran yang luas dan cukup luas. Namun hal itu seakan sebuah anomali, hanya terdapat di beberapa type rumah-rumah yang juga besar, rumah-rumah klasik mewah dengan gagasan konsep interiornya yang juga mewah, serta tentu saja mahal.

Pertanyaanya kemudian, apakah memang kamar mandi harus selalu memiliki ukuran kecil? Tentu saja tidak bukan. Dan saat ini persoalannya bukan di situ. Bukan soal ukuran. Tetapi seperti apa cara terbaik mendekorasi kamar mandi kecil agar tetap memilki fungsi yang maksimal tanpa kehilangan gaya?

Pertama, mari kita bersepakat dalam satu hal; memiliki kamar mandi kecil adalah keniscayaan. Dan tak dapat disangkal mendesain dan mendekorasi ruangan kecil menjadi tugas desain yang sangat tidak mudah. Mendesain ruangan kecil bisa menjadi tantangan tersendiri bagi para desainer interior di mana pun. Menjadikan ruangan kecil tetap terlihat gaya tanpa mereduksi sedikit pun fungsi tentu saja sulit untuk dilakukan. Namun, hal itu juga bukan berarti tidak mungkin.

Inilah beberapa tips terbaik desain kamar mandi sederhana dan murah, dekorasi interior kamar mandi kecil menurut desainer-desainer profesional yang dilansir dari freshome.

Tambahkan tempat penyimpanan
Dalam prinsip desain kamar mandi sederhana, merancang sebuah rak terbuka bisa menjadi siasat ampuh untuk kebutuhan tempat penyimpanan. Tumpuk rak mengambang atau floating shelves untuk menambah penyimpanan dengan cara yang modis. Jangan lupa sesuaikan ukuran atau dimensinya agar tidak terlihat membebani kapasitas ruang.

 

Maksimalkan fungsi
Fungsionalitas adalah kunci untuk kamar mandi kecil. Pastikan Anda menambahkan hanya elemen desain yang fungsional. Jangan menambahkan pernak-pernik atau benda yang tidak memenuhi suatu tujuan. Minimalkan segala hal yang hanya akan membebani kapasitas ruang meski hal tersebut bisa saja menambah kesan estetis ruangan kecil. Fokus pada fungsi terlebih dahulu baru kemudian Anda bisa mencoba sedikit elemen dekoratif untuk mempercantiknya.

Warna netral
Ini mungin sebuah gagasan klasik untuk setiap ruangan kecil, tetapi hal ini benar-benar berhasil. Gunakan warna-warna netral untuk membuat kamar mandi terasa tenang sekaligus estetis. Manfaatkan tekstur dan pola dengan nada netral untuk menambah kreativitas dan kedalaman. Tambahkan elemen kejutan di ruang kecil dengan elemen dekoratif yang Anda sukai; patung buddha, pot bunga kecil, atau bahkan ubin geometri yang unik.

Tambahkan warna-warna pop
Gagasan terbaik lain dalam desain kamar mandi sederhana dan murah adalah penggunaan warna-warna pop. Pilihan warna ini akan terlihat cantik di atas dasar warna netral sebagai skema warna utama. Menjadikan kamar mandi kecil terlihat lebih impresif dan gaya.

Bagaimana pun, setiap elemen desain di kamar mandi kecil harus memiliki tujuan dan fungsi yang maksimal dalam satu dan lain cara. Pemilihan konsep desain ini harus dilakukan secara cermat agar dapat menciptakan sebuah tempat terbaik yang hemat tempat.