HUT Ke-75 Kemerdekaan RI
HomeOtomotifDetail Berita

Pemerintah Akan Atur Konversi Kendaraan Tua Jadi Bertenaga Listrik


17/03/2020 68 Dibaca

Pemerintah Akan Atur Konversi Kendaraan Tua Jadi Bertenaga Listrik

Foto : Ilustrasi tempat parkir yang memberikan fasilitas charging point

Indonesianer.com -- Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Perindustrian akan memulai pilot project untuk konversi kendaraan bermotor bermesin pembakaran dalam pembakaran dalam (internal combustion engine) menjadi listrik murni (battery electric vehicle).

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika menyebut, hal itu dilaksanakan guna mendorong percepatan pembangunan ekosistem kendaraan listrik berbasis baterai di Tanah Air.

"Ini untuk kendaraan yang sudah tidak diproduksi lagi. Kita akan buat pilot project dahulu bersama kementerian dan pihak terkait baiknya seperti apa. Diharapkan bisa selesai dalam waktu dekat," kata Putu.

Adapun teknisnya, Putu belum ingin mengatakan lebih jauh. Pun dengan kritik agen pemegang merek yang menjelaskan bahwa konversi untuk kendaraan bermotor jadi berbasis listrik murni tidak efektif dan efisien.

"Kita jalankan dahulu, lihat bagaimana (kekurangan dan kelebihannya). Saat ini sedang dikembangkan," ucap Putu.

Menurut Putu, kendaraan tua yang sudah tidak diproduksi lagi masih banyak beroperasikan di jalan raya.

Padahal, keamanan dan tingkat keluaran emisi motor maupun mobil tersebut sudah tak relevan lagi.

"Jika sudah tidak diproduksi lagi, komponen dan part-nya itu kan banyak yang sudah tak ada. Kendaraan juga sudah tidak aman, pembakarannya tidak bagus lagi, dan sebagainya," ujar dia.

"Melalui modifikasi jadi kendaraan listrik, mobil atau motor terkait bisa jadi aman lagi, safety-nya lebih terjaga. Ini juga memudahkan pemilik untuk mendapatkan layanan aftersales," tambah Putu.


GoJateng.com
Editor: Joko Yuwono

Katalog KesehatanApexState Farm