Home / News / Internasional

Sah! Bahasa Indonesia Dinyatakan Sebagai Bahasa Resmi Sidang Umum UNESCO

Senin - 05 Feb 2024, 8:02 WIB
Foto: Sesi Pleno Konferensi Umum ke-42 UNESCO di Markas Besar UNESCO di Paris, Prancis (Dok. Kemenlu)
Editor : Joko Yuwono | Tim Redaksi

Paris, Perancis, Indonesianer.com -- Nama Indonesia berkibar megah di sidang UNESCO pada 7-22 November 2023 di Paris, Prancis. Ada lima prestasi membanggakan yang diraih, termasuk menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi persidangan.

Luar biasa dan bikin bangga. Ungkapan ini layak untuk disampaikan Indonesia di sepanjang tahun 2023. Memasuki akhir 2023 dan di tengah hiruk-pikuk tahun politik, Indonesia berhasil menunjukkan taring di kancah internasional.

Dalam Sidang Umum Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) yang digelar pada 7-22 November 2023 di Paris, para diplomat Indonesia berhasil memperjuangkan lima hal membanggakan. Yakni, menjadi Anggota Dewan Eksekutif UNESCO, menjadi Anggota Dewan International for the Development of Communication (IPDC), meresmikan Indonesia Corner di Markas Besar UNESCO, penetapan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi Sidang Umum UNESCO, serta penetapan hari lahir dua pahlawan nasional menjadi perayaan internasional.

UNESCO, atau United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization, adalah lembaga internasional yang didirikan di bawah naungan PBB pada tahun 1945. Fokus utama UNESCO adalah mempromosikan kerja sama antarnegara dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan.

Baca Juga: Uniknya Udang Selingkuh, Udang Khas di Kawasan Pegunungan Papua

Apa saja capaian Indonesia di UNESCO 2023 itu?

1. Anggota Dewan Eksekutif UNESCO
Untuk yang ke-8 kali, terhitung dari 15 November 2023, Indonesia didapuk sebagai anggota Dewan Eksekutif UNESCO periode 2023-2027. Indonesia sendiri bergabung menjadi anggota UNESCO sejak tahun 1950.

Sebagai anggota Dewan Eksekutif, Indonesia mendapat tugas berpartisipasi aktif dalam merumuskan kebijakan dan pengambilan keputusan strategis terkait program dan kebijakan UNESCO. Bidang yang di highlight Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU), Itje Chodidjah terhadap kontribusi Indonesia ke depan adalah turut memajukan isu pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, serta komunikasi dan informasi di tingkat global.

Baca Juga: Secara Resmi, Jamu Diakui Sebagai Warisan Budaya Tak Benda Oleh UNESCO

Kata Kunci : Sah! Bahasa Indonesia Dinyatakan Sebagai Bahasa Resmi Sidang Umum UNESCO

Halaman :
Tag Berita :
BERITA PILIHAN
Berita Lainnya