17 Januari 2020

Jelang Pilkada 2020, KPU Jateng Minta Penyelenggara Pemilu di 21 Daerah Jaga Integritas

Tim Redaksi | 132 Pembaca

  • BAGIKAN :
Jelang Pilkada 2020, KPU Jateng Minta Penyelenggara Pemilu di 21 Daerah Jaga Integritas
Foto: Istimewa

Kasus suap yang melibatkan seorang komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI asal Jawa Tengah, Wahyu Setiawan dikhawatirkan membuat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga penyelenggara pemilihan umum itu menurun, termasuk di daerah.

Ketua KPU Jawa Tengah (Jateng), Yulianto Sudrajat, mengatakan kasus tersebut memang membuat masyarakat menimbang integritas dan netralitas KPU.

Apalagi, di Jateng akan ada pemilihan kepala daerah di 21 kabupaten/kota.


"Yang jelas, seluruh KPU di kabupaten/kota di Jateng mawas diri untuk menegakan integritas menjelang pilkada di 21 daerah," tegasnya, sebagaimana dikutip Tribun Jateng, Kamis (16/1/2020).

Dia juga sudah menyampaikan ke komisioner KPU di 35 kabupaten/kota di Jateng untuk tidak terganggu dengan kasus itu asalkan tetap menjaga integritas.

Sedangkan komisioner KPU di 21 daerah yang akan menyelenggarakan pilkada, Yulianto meminta agar tahapan dan proses berjalan sesuai konstitusi dan peraturan Undang Undang yang ada.

Lalu, penandatanganan pakta integritas juga sudah dilakukan.

"Kami sudah melakukan konsolidasi ke jajaran KPU di daerah serta sudah menekankan agar bekerja transparan dan akuntabel," ujarnya.

Ia yakin publik masih percaya dengan kinerja KPU di Jateng menjelang pilkada mendatang.

Editor : Joko Yuwono