26 April 2021

Kalahkan Persib, Macan Kemayoran Persija Juara Piala Menpora 2021

Tim Redaksi | 294 Pembaca

  • BAGIKAN :
Kalahkan Persib, Macan Kemayoran Persija Juara Piala Menpora 2021
Foto: Pesta perayaan para pemain Persija Jakarta setelah menjuarai Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, pada laga leg kedua final, Minggu (24/4/2021)

Persija Jakarta menang 2-1 atas Persib Bandung pada leg kedua final Piala Menpora 2021. Laga Persib vs Persija itu digelar di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4/2021) malam Wib.

Macan Kemayoran unggul lebih dulu melalui gol Osvaldo Haay pada menit ke-51. Persib lalu membalasnya lima menit menjelang laga usai lewat gol Ferdinand Sinaga (85').

Persija akhirnya memastikan kemenangan pada masa injury time melalui gol Riko Simanjuntak (90+1'). Kemenangan ini mengantarkan Persija Jakarta ke tangga juara Piala Menpora 2021 dengan keunggulan agregat 4-1 atas Persib.

Sebelumnya, pada leg pertama final Piala Menpora di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (22/4/2021), Persija unggul 2-0 atas Maung Bandung.

Ulasan pertandingan
Persib Bandung berusaha menguasai bola sejak awal pertandingan. Mereka mencoba mencetak gol cepat untuk mengejar defisit 0-2 pada leg pertama. Namun, pertahanan rapat yang dibangun Persija Jakarta membuat Persib kesulitan untuk mengkreasikan peluang.

Justru, Persija yang lebih banyak menunggu di belakang, terlihat berbahaya saat melakukan serangan balik.

Bomber Persija Taufik Hidayat berdiri cukup bebas di area sepertiga akhir pertahanan Persib. Dia nyaris saja membuat gawang Persib kebobolan pada menit kedelapan ketika dia lolos dari Taufik menerima umpan fast break dari belakang, tetapi kontrolnya tak sempurna, sehingga bola bisa disergap kiper Persib, I Made Wirawan.

Selama 15 menit pertama, Persib masih kesulitan membongkar pertahanan Persija. Mereka sama sekali belum melepaskan tembakan ke arah gawang lawan.

Wander Luiz dan Ezra Walian yang ditutunkan menjadi ujung tombak, masih terisolasi. Belum ada umpan-umpan matang menuju mereka.

Saat berusaha mengejar ketertinggalan, Persib justru kehilangan satu pemain pada menit ke-22 menyusul kartu kuning kedua yang diterima Bayu Fiqri karena melanggar Marco Motta.

Bayu Fiqri sebelumnya sudah diganjar kartu kuning pada awal babak pertama juga karena menjegal Marco Motta.

Bermain dengan 10 orang, Persib makin kesulitan. Permainan mereka tidak berkembang dan malah terbawa ritme Persija.

Pada menit ke-36, Persib selamat dari kebobolan ketika Taufik Hidayat gagal melakukan penyelesaian akhir di depan mulut gawang setelah memanfaatkan umpan silang mendatar Rohit Chand. Tidak ada gol yang tercipta hingga turun minum. Laga Persib vs Persija berakhir 0-0 pada babak pertama.

Memasuki babak kedua, Persib memasukkan Ferdinand Sinaga untuk menambah daya gedor. Ferdinand masuk untuk menggantika Wander Luiz yang "mati kutu" pada paruh pertama.

Bukannya mencetak gol, Persib malah harus menerima kenyataan gawang mereka dibobol oleh Osvaldo Haay pada menit ke-51. Setelah menerima umpan akrobatik Riko Simanjuntak, Osvaldo yang berdiri tak terkawal di kotak penalti Persib, langsung menembak bola ke gawang lawan dengan kaki kirinya.

I Made Wirawan berusaha menjangkau, tetapi bola kiriman Osvaldo terlalu deras sehingga dia tidak memiliki waktu untuk mementahkannya.

Gol dari Osvaldo membuat Persija unggul 1-0 dan mengubah agregat menjadi 3-0 untuk pasukan ibu kota. Unggul agregat mutlak membuat Persija lebih nyaman. Mereka lebih banyak melakukan ball possession dan memancing para pemain Persib keluar dari pertahanannya.

Sementara itu, Persib hanya bisa melancarkan serangan sporadis. Mereka mendapat peluang mencetak gol lewat situasi bola mati di depan kotak penalti Persija pada menit ke-68. Namun, eksekusi yang dilakukan Ferdinand Sinaga masih melambung tipis di atas gawang Persija kawalan Andritany Ardhiyasa.
Memasuki 15 menit akhir, Persib mulai meningkatkan intensitas serangan mereka dan cukup membuat pertahanan Persija kewalahan.

Persib akhirnya mencetak gol pada menit ke-85 lewat sepakan bebas Ferdinand Sinaga dari sisi kiri pertahanan Persija. Gol Ferdinand Sinaga mengubah agregat menjadi 1-3.

Persib masih tertinggal. Namun, pada masa injury time, Persija kembali mencetak gol melalui sepakan Riko Simanjuntak (90+1') yang sebelumnya memanfaatkan umpan Osvaldo Haay. Skor 2-1 untuk keunggulan Persija bertahan hingga akhir laga. Macan Kemayoran pun dipastikan menjadi juara Piala Menpora 2021. Mereka unggul 4-1 secara agregat atas Persib.

Editor : Joko Yuwono