Home / News / Nasional

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Ditetapkan Sebagai Taman Terindah Ketiga di Dunia

Senin - 05 Feb 2024, 9:59 WIB
Foto: Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Editor : Joko Yuwono | Tim Redaksi

Jakarta, Indonesianer.com -- Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dinobatkan sebagai taman nasional terindah ketiga di dunia, setelah Taman Nasional di Afrika Selatan dan di Brasil.

Urusan wisata alam yang indah, Indonesia punya modal kuat. Kalangan wisatawan mancanegara pun mengakui. Terbukti, sejumlah penghargaan pun berhasil diraih.

Sebuah studi, sebagaimana dilansir situs webmoney.co.uk pertengahan 2023, menempatkan anugerah alam indah untuk Indonesia di urutan pertama. Adalah atraksi alam seperti Taman Nasional Komodo (Situs Warisan Dunia UNESCO), Sumatra (dengan hutan tropis) dan Kalimantan (rumah bagi orangutan), yang menjadi latar Indonesia bergerak ke daftar teratas.

Belum lama berselang, Bounce, sebuah platform layanan perjalanan yang berbasis di San Francisco, California, Amerika Serikat--yang merilis laporan The World’s Most Beautiful Parks 2023--menempatkan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dinobatkan sebagai taman nasional terindah ketiga di dunia.

Baca Juga: Uniknya Udang Selingkuh, Udang Khas di Kawasan Pegunungan Papua

Taman Nasional Kruger di Afrika Selatan menempati posisi puncak taman nasional terindah di dunia. Sementara di peringkat kedua ada Taman Nasional Lenis Maranhenses di Brasil.

Mengutip laman TourScanner.com, metode penilaian yang dilakukan Bounce adalah dengan memberi bobot nilai terhadap 100 taman nasional terbaik di dunia. Kemudian, tim riset Bounce menghitung skor berdasarkan jumlah unggahan di Instagram, jumlah penayangan di TikTok, penelusuran Google dari Oktober 2022--September 2023 menurut Google Ads, serta ulasan terhadap setiap taman nasional di Google.

Berdasarkan penghitungan skor tersebut Bouce mencatat, unggahan terkait Bromo Tengger Semeru telah ditonton sebanyak satu miliar kali di TikTok selama setahun terakhir dan lebih dari 930 ribu postingan di Instagram dalam satu tahun terakhir. Selain itu, taman nasional ini juga memiliki ulasan yang cukup baik, yakni 4,8 bintang.

Baca Juga: Sah! Bahasa Indonesia Dinyatakan Sebagai Bahasa Resmi Sidang Umum UNESCO

Kata Kunci : Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Ditetapkan Sebagai Taman Terindah Ketiga di Dunia

Halaman :
BERITA PILIHAN
Berita Lainnya